Sabtu, 12 Oktober 2013

B. PERENCANAAN, PENETAPAN MANAJEMEN

1. PERENCANAAN MANAJEMEN

perencanaan didefinisikan sebagai suatu proses menetapkan tujuan dan memutuskan bagaimana hal tersebut dapat dicapai. Rencana meliputi sumber-sumber yang dibutuhkan, tugas yang diselesaikan, tindakan yang diambil dan jadwal yang diikuti. Para manajer mungkin membuat :
·Rencana untuk stabilitas (plan for stability),
·Rencana untuk mampu beradaptasi (plan for adaptibility) atau para manajer mungkin juga              
  membuat
·Rencana untuk situasi yang berbeda (plan for contingency). Proses perencanaan, terdiri dari :
     -Menentukan tujuan perencanaan
     -Menentukan tindakan untuk mencapai tujuan
     -Mengembangkn dasar pemikiran kondisi mendatang
     -Mengidentifikasi cara untuk mencapai tujuan
     -Mengimplementasi rencana tindakan dan mengevaluasi hasilnya.

2. LANGKAH-LANGKAH DALAM MENYUSUN PERENCANAAN DALAM ORGANISASI

Analisis dasar pengambilan keputusan bagi pimpinan suatu lembaga/ organisasi mutlak diperlukan, yaitu proses memilih dan mengembangkan langkah-langkah yang akan diambil dalam menghadapi tantangan maupun masalah dalam organisasi/ institusi/ lembaga. Perancanaan adalah masuk dalam salah satu konsep yang dikemukakan olehG.R. Terry yaitu terkenal dengan POAC, planning, organizing, actuating dan controlling-nya. Perencanaan (Planning) ialah fungsi manajemen yang harus bisa menjawab rumus 5W+1H. WHAT(apa) yang akan dilakukan, WHY (mengapa) harus melakukan apa, WHEN (kapan) melakukan apa, WHERE (dimana) melakukan apa, WHO (siapa) yang melakukan apa, HOW (bagaimana) cara melakukan apa. Pemimpin lembaga/ oragnisasi/ institusi tersebut harus mengambil prediksi-presdiksi keputusan yang akan terjadi untuk masa mendatang. Pimpinan tersebut harus memutuskan sasaran yang akan dicapai, analisa kepegawaian yang akan mengoperasikannya dimasa yang akan datang, berapa banyak jumlahnya dan mengaplikasikannya untuk dalam mencapi tujuan yang diinginkan. 

3. MANFAAT PERENCANAAN DALAM SUATU PRGANISASI

-Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan
-Membuat tujuan lebih khusus,terperinci dan mudah di pahami
-Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti
-Manajer memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas
Bentuk-bentuk perencanaan :
1.Perencanaan Global (Global Plan)
Berisi tentang penentuan tujuan organisasi dalam jangka panjang dan ini dipandang sebagai misi suatu organisasi.

Analisa penyusunan rencana global (swot) erdiri atas :


a.strength: kekuatan yang dimiliki oleh organisasi
b.weakness: memperhatikan kelemahan yang dimiliki oleh organisasi
c.opportunity: kesempatan terbuka yang dimilki organisasi
d.treath: tekanan dan hambatan yang dihadapi organisasi.



4. JELASKAN JENIS PERENCANAAN DALAM ORGANISASI


Perencanaan diperlukan dan terjadi dalam berbagai bentuk organisasi, sebab perencanaan ini merupakan   proses dasar manajemen di dalam mengambil suatu keputusan dan tinsdakan. Perencanaan diperlukan dalam setiap jenis kegiatan baik itu kegiatan organisasi, perusahaan maupun kegiatan dimasyarakat, dan perencanaan ada dalam setiap fungsi-fungsi manajemen, karena fungsi-fungsi tersebut hanya dapat melaksanakan keputusan-keputusan yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

CR:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar