1. PERENCANAAN
MANAJEMEN
perencanaan
didefinisikan sebagai suatu proses menetapkan tujuan dan memutuskan bagaimana
hal tersebut dapat dicapai. Rencana meliputi sumber-sumber yang dibutuhkan,
tugas yang diselesaikan, tindakan yang diambil dan jadwal yang diikuti. Para
manajer mungkin membuat :
·Rencana
untuk stabilitas (plan for stability),
·Rencana
untuk mampu beradaptasi (plan for adaptibility) atau para manajer mungkin juga
membuat
·Rencana
untuk situasi yang berbeda (plan for contingency). Proses perencanaan, terdiri
dari :
-Menentukan
tujuan perencanaan
-Menentukan
tindakan untuk mencapai tujuan
-Mengembangkn
dasar pemikiran kondisi mendatang
-Mengidentifikasi
cara untuk mencapai tujuan
-Mengimplementasi
rencana tindakan dan mengevaluasi hasilnya.
2. LANGKAH-LANGKAH
DALAM MENYUSUN PERENCANAAN DALAM ORGANISASI
Analisis
dasar pengambilan keputusan bagi pimpinan suatu lembaga/ organisasi mutlak
diperlukan, yaitu proses memilih dan mengembangkan langkah-langkah yang akan
diambil dalam menghadapi tantangan maupun masalah dalam organisasi/ institusi/
lembaga. Perancanaan adalah masuk dalam salah satu konsep yang dikemukakan
olehG.R. Terry yaitu terkenal dengan POAC, planning, organizing, actuating
dan controlling-nya. Perencanaan (Planning) ialah fungsi manajemen yang harus
bisa menjawab rumus 5W+1H. WHAT(apa) yang akan dilakukan, WHY (mengapa) harus
melakukan apa, WHEN (kapan) melakukan apa, WHERE (dimana) melakukan apa, WHO
(siapa) yang melakukan apa, HOW (bagaimana) cara melakukan apa. Pemimpin
lembaga/ oragnisasi/ institusi tersebut harus mengambil prediksi-presdiksi
keputusan yang akan terjadi untuk masa mendatang. Pimpinan tersebut harus
memutuskan sasaran yang akan dicapai, analisa kepegawaian yang akan
mengoperasikannya dimasa yang akan datang, berapa banyak jumlahnya dan
mengaplikasikannya untuk dalam mencapi tujuan yang diinginkan.
3.
MANFAAT PERENCANAAN DALAM SUATU PRGANISASI
-Membantu
manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan
-Membuat
tujuan lebih khusus,terperinci dan mudah di pahami
-Meminimumkan
pekerjaan yang tidak pasti
-Manajer
memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas
Bentuk-bentuk
perencanaan :
1.Perencanaan
Global (Global Plan)
Berisi
tentang penentuan tujuan organisasi dalam jangka panjang dan ini dipandang
sebagai misi suatu organisasi.
Analisa penyusunan rencana global (swot) erdiri atas :
a.strength: kekuatan yang dimiliki oleh organisasi
b.weakness: memperhatikan kelemahan yang dimiliki oleh organisasi
c.opportunity: kesempatan terbuka yang dimilki organisasi
d.treath: tekanan dan hambatan yang dihadapi organisasi.
4.
JELASKAN JENIS PERENCANAAN DALAM ORGANISASI
Perencanaan
diperlukan dan terjadi dalam berbagai bentuk organisasi, sebab perencanaan ini
merupakan proses dasar manajemen di dalam mengambil suatu
keputusan dan tinsdakan. Perencanaan diperlukan dalam setiap jenis kegiatan
baik itu kegiatan organisasi, perusahaan maupun kegiatan dimasyarakat, dan
perencanaan ada dalam setiap fungsi-fungsi manajemen, karena fungsi-fungsi
tersebut hanya dapat melaksanakan keputusan-keputusan yang telah ditetapkan
dalam perencanaan.
CR:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar